fbpx

10 Contoh Keterampilan Manajemen yang Harus Dimiliki Manajer

arduma.id (Contoh Keterampilan Manajemen) – Berbeda dengan supervisor, manajer atau seorang pemimpian tentu memiliki peran yang penting dalam aktivitas perusahaan. Peran manajer dalam sebuah perusahaan akan menentukan sukses tidaknya perusahaan tersebut. Sebab, perannya begitu vital dan membutuhkan keterampilan manajemen yang baik untuk mengatur aktivitas perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan. Selan itu, keterampilan manajemen juga memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, seorang manajer perlu untuk memiliki keterampilan manajemen agar mampu mengatasi pengelolaan perusahaan dengan baik.

Contoh Keterampilan Manajemen

Sekilas mengenai manajer yakni sosok yang bekerja melalui orang lain (karyawan) untuk mencapai tujuan dan visi misi perusahaan dengan merancang dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada di dalam perusahaan dan harus dijalankan oleh karyawan. Sebab, seorang manajer merupakan pimpinan yang berperan untuk memimpin, memberikan motivasi dan mendorong karyawan untuk mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, seorang manajer harus memiliki keterampilan dasar pada bidang manajemen bisnis agar mampu mengelola timnya secara efektif.

Berikut ini pengertian dan contoh keterampilan manajemen yang perlu dikuasai oleh manajer. Simak ya!

Pengertian Keterampilan Manajemen dalam Perusahaan

Ditengok dari Ricky W. Griffin yang menyatakan bahwa manajemen dapat didefinisikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasi dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Maksud dari efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan yang telah disusun, sedangkan efisien bermaksud bahwa tugas yang sudah ada mampu dilaksanakan secara terorganisisr, benar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Istilah lain untuk kemampuan manajemen yang dapat diperoleh adalah keterampilan manajerial. Pada dasarnya, kemampuan ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, termasuk teori, artikel, dan bahkan dengan mempelajari langsung dari pemimpin manajer sebelumnya. Keterampilan manajemen merupakan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh seorang manajer atau pemimpin perusahaan agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan mengatasi masalah yang muncul.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keterampilan manajerial merujuk pada kemampuan dalam mengorganisasi faktor produksi dan menerapkan teknik serta metode baru dalam proses ekonomi. Dalam belajar keterampilan manajerial, perlu diingat bahwa materi terkait keterampilan ini terus berkembang seiring perubahan zaman. Selain itu, ketika mengaplikasikan ilmu keterampilan manajerial, penting untuk selalu memperhatikan karyawan agar kerja sama antara manajer dan bawahannya berjalan dengan efisien. Kerja sama yang lancar akan memudahkan penyelesaian pekerjaan, menjaga pertumbuhan perusahaan, dan memastikan jabatan manajerial tetap terjaga. Oleh karena itu, sebelum menjadi seorang manajer, diperlukan penguasaan yang baik terhadap beragam keterampilan manajerial, yang bisa diperoleh melalui pengalaman sebagai manajer dan pembelajaran khusus tentang keterampilan tersebut.

Terdapat tiga jenis dasar management skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer atau pemimpin berikut ini:

1. Kemampuan Teknis

Kemampuan teknis merupakan suatu keterampilan berupa pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis teknik atau cara untuk mencapai suatu tujuan perusahaan. Kemampuan teknis ini biasa disebut dengan hard skill. Yang mana biasanya keterampilan ini berhubungan dengan alat produksi, mesin dan perangkat lunak.

2. Kemampuan Konseptual

Jenis dari keterampilan manajemen berikutnya adalah keterampilan konseptual. Yang mana berupa kemampuan untuk berpikir abstrak, sehingga mampu untuk menemukan dan merumuskan berbagai macam ide serta gagasan. Keterampilan ini akan mampu membuat manajer memahami berbagai macam konsep, menganalisis masalah serta menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi atau problem solving.

3. Kemampuan Interpersonal

Keterampilan interpersonal merupakan keterampilan yang memiliki kaitan dengan kemampuan manajer dalam melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Keterampilan ini akan berguna untuk memberikan motivasi kepada karyawannya serta memberikan dorongan agar mampu untuk bekerja sama dengan baik dalam mencapai tujuan perusahaan.

10 Contoh Keterampilan Manajemen bagi Manajer

1. Perencanaan - Contoh Keterampilan Manajemen

Seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk merancang strategi dan proyek yang akan dikerjakan oleh timnya dalam periode waktu yang tertentu. Keputusan perencanaan ini umumnya didasarkan pada evaluasi kondisi perusahaan pada saat itu. Kemampuan ini menuntut manajer untuk berpikir jauh ke depan dan dapat meramalkan situasi di masa depan. Beberapa keterampilan yang penting dalam proses perencanaan ini mencakup:

    • Kemampuan berpikir kritis
    • Kemampuan berpikir logis
    • Kemampuan berpikir strategis
    • Kemampuan menganalisis masalah bisnis
    • Kemampuan manajemen program

2. Organisasi

Kemampuan untuk mengorganisasi dan merancang strategi juga merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin tim. Untuk dapat memiliki kemampuan organisasi yang baik, beberapa keterampilan yang diperlukan meliputi:

    • Kemampuan komunikasi yang efektif
    • Manajemen waktu yang baik
    • Pengetahuan teknis dalam bidangnya
    • Kemampuan berpikir kritis dan inovatif

3. Kepemimpinan

Seorang manajer harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat. Seorang pemimpin yang bijaksana mampu memotivasi dan memaksimalkan potensi seluruh anggota timnya. Kemampuan ini juga mengandalkan berbagai keterampilan lainnya seperti:

    • Kemampuan komunikasi yang baik
    • Kemampuan untuk memberikan tugas kepada anggota tim (delegasi)
    • Kepercayaan diri yang tinggi
    • Kemampuan memotivasi orang lain
    • Integritas kerja yang tinggi
    • Jaringan yang luas
    • Kemampuan mengevaluasi dan memberikan supervise

4. Koordinasi - Contoh Keterampilan Manajemen

Dalam konteks kerja tim, penting untuk memiliki seseorang yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan seluruh anggota staf. Oleh karena itu, koordinasi yang efektif diperlukan baik di dalam tim maupun antar tim. Jika terjadi hambatan dalam komunikasi, tugas menyelesaikan masalah tersebut akan jatuh ke pundak seorang manajer. Untuk melakukan koordinasi yang baik, dibutuhkan kemampuan-kemampuan berikut:

  • Kemampuan adaptasi yang fleksibel
  • Kemampuan berkolaborasi
  • Empati
  • Kemampuan diplomasi
  • Kecerdasan emosional
  • Manajemen tim

Keterampilan manajemen adalah hal yang sangat penting bagi seorang manajer untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Namun sebenarnya, sebaiknya keterampilan ini dimiliki oleh seluruh karyawan dalam perusahaan. Perusahaan dapat menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan ini di antara seluruh karyawan mereka.

5. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami pengalaman dan sudut pandang orang lain. Dengan memiliki empati, seseorang dapat lebih baik memahami kebutuhan rekan kerja dan atasan. Cara seseorang berinteraksi dengan rekan kerja dan orang lain dengan empati adalah salah satu keterampilan manajemen yang wajib dimiliki.

6. Resourcefulness

Salah satu keterampilan manajemen yang juga penting dalam dunia kerja adalah resourcefulness. Resourcefulness adalah kemampuan untuk merespons pertanyaan dan tantangan yang muncul dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki. Sebagai contoh, seorang manajer harus mampu memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh timnya terkait proyek yang sedang berlangsung.

7. Advokasi

Advokasi adalah kemampuan untuk mengadvokasi hak dan keadilan dalam lingkungan kerja, baik untuk diri sendiri maupun tim. Memiliki kemampuan advokasi berarti dapat bertindak sebagai mediator yang efektif di tempat kerja.

8. Resolusi

Konflik Kemampuan manajemen yang tak kalah penting adalah resolusi konflik. Keterampilan ini sangat diperlukan dalam dunia kerja karena konflik seringkali muncul dalam berbagai tahapan perkembangan bisnis. Dengan kemampuan untuk menyelesaikan konflik, seseorang dapat mengelola situasi dengan baik dan menjaga fokus pekerjaan yang terarah.

9. Adaptasi - Contoh Keterampilan Manajemen

Adaptasi adalah salah satu keterampilan manajemen yang perlu diimplementasikan dengan baik. Kebiasaan dan rutinitas mungkin sulit untuk diubah, tetapi dalam dunia kerja, terkadang kita harus beradaptasi dengan perubahan kebiasaan dan aturan baru. Kemampuan adaptasi akan membantu seseorang berkembang lebih baik dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih dinamis dan sehat.

10. Kemandirian atau Independen

Tanda bahwa seseorang memiliki keterampilan manajemen yang baik adalah kemampuan untuk bekerja secara mandiri atau independen. Seseorang dapat membuat keputusan penting tanpa perlu menunggu arahan, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

Itulah penjelasan mengenai keterampilan manajemen dan contoh keterampilan manajemen yang harus dimiliki oleh manajer. Untuk terus meningkatkan kemampuan dan produktivitas perusahaan. Mari bekerja sama bersama PT Arduma yang menyediakan in-house training terbaik dengan mentor yang berpengalaman. Hubungi PT Arduma melalui contact di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin