Skill Komunikasi: Pentingnya untuk Karir
arduma.id (Skill Komunikasi) – Komunikasi akan selalu menjadi hal utama dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia bisnis. Dunia bisnis akan selalu membutuhkan communication skill agar bisa berinteraksi dengan baik bersama pemimpin, rekan kerja, klien atau pun mitra bisnis. Tidak hanya sekadar berinteraksi, kemampuan berkomunikasi perlu ditingkatkan agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan lebih efektif.
Perlu diketahui bahwa communication skill harus dimiliki oleh setiap orang dalam dunia kerja. Mengapa kemampuan ini sangat diperlukan? Dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan komunikasi agar lebih baik dan efektif? Berikut ini pembahasan tentang skill komunikasi.
Mengenal Skill Komunikasi
Skill komunikasi merupakan keterampilan yang dimiliki dan memiliki tujuan tersendiri. Keterampilan yang dimiliki tersebut merupakan sebuah kemampuan yang digunakan untuk menyampaikan dan menerima informasi dari lawan bicara. Menyampaikan dan menerima informasi dari lawan bicara yang dimaksud bisa berupa dari kelompok maupun individu agar dapat menyampaikan pesannya secara langsung ataupun melalui perantara dengan efektif. Berinteraksi dengan seseorang tidak hanya melibatkan kemampuan berbicara, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk mendengarkan, mengamati, atau bahkan menghargai lawan bicara. Pun kemampuan berkomunikasi bisa dilakukan dengan tatap muka, daring melalui telepon, ataupun melalui pesan teks.
Kemampuan berkomunikasi juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan media yang digunakan. Beberapa jenis tersebut adalah komunikasi secara lisan, komunikasi tulisan, komunikasi non-verbal, menjadi pendengar yang aktif, dapat menyesuaikan gaya komunikasi terhadap lawan bicara tujuan, memiliki kejelasan pesan dan volume suara yang dapat disesuaikan, rasa empati dan dapat menghargai lawan bicara serta kepercayaan diri yang meningkat.
Skill komunikasi dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari memiliki tujuan untuk:
- Dapat mengambil keputusan yang matang dalam waktu yang singkat
- Untuk meningkatkan personal branding sehingga dapat meningkatkan value dalam diri melalui cara berkomunikasi
- Mampu untuk saling memberikan informasi mengenai pekerjaan bersama dengan atasan maupun rekan kerja
- Dapat meningkatkan produktivitas ketika bekerja karena dapat berinteraksi dengan baik bersama rekan kerja maupun atasan
- Mudah untuk memecahkan masalah dalam sebuah diskusi
Tata Cara Meningkatkan Skill Komunikasi
1. Dapat Berbicara dengan Tegas dan Jelas
Ketika menyampaikan pesan, perlu untuk berbicara dengan tegas dan jelas. Menyampaikan ide dengan pilihan bahasa yang jelas dan mudah dipahami serta diucapkan dengan nada suara yang tegas agar tersampaikan dengan mudah oleh pendengar. Jangan sampai berbicara dengan terburu-buru, berbicara dengan tenang agar lebih bisa dipahami oleh pendengar serta pesannya tersampaikan.
2. Memilah Gaya dan Tata Bahasa untuk Meningkatkan Skill Komunikasi
Memilah gaya dan tata bahasa yang baik dapat membantu untuk mengoptimalkan pesan yang ingin disampaikan. Perlu untuk belajar memilah gaya dan tata bahasa yang sopan dan yang pantas untuk disampaikan kepada para pendengar. Pemilihan tata dan gaya bahasa yang baik akan menghindari perpecahan dalam sebuah diskusi.
3. Memiliki Rasa Empati dan Menjadi Pendengar yang Aktif
Ketika berinteraksi dengan seseorang, jangan selalu ingin didengarkan. Tetapi juga harus bisa menjadi pendengar yang baik dan aktif serta memiliki rasa empati kepada lawan bicara terlebih dahulu. Mendengarkan pesan yang ingin disampaikan oleh lawan bicara dengan seksama agar mengerti maksud dan tujuan dari perspektif diri mereka. Hal ini sebagai langkah agar pendapat yang akan diutarakan dapat dihargai pula oleh lawan bicara karena mereka merasa dihargai dan didengarkan ketika berbicara.
4. Menggunakan Komunikasi Non-Verbal yang Tepat
Tata cara meningkatkan skill komunikasi yang baik selanjutnya adalah dengan menggunakan komunikasi yang non-verbal untuk mempertegas pesan yang ingin disampaikan. Komunikasi non-verbal yang dimaksud adalah ekspresi wajah, bahasa tubuh dan gerakan tubuh. Oleh karena itu, perlu untuk memilih komunikasi non-verbal yang tepat agar dapat menyampaikan pesan yang lebih efektif. Hindari untuk menggunakan komunikasi non-verbal yang tidak sopan dan usahakan untuk menyesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan.
Teknik Komunikasi yang Digunakan dalam Bisnis
1. Teknik Negosiasi - Skill komunikasi
- Mempersiapkan diri dengan cara mempelajari informasi tentang topik yang akan dibicarakan serta memahami strategi negosiasi yang baik.
- Perhatikan dan dengarkan lawan bicara dengan seksama untuk memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan.
- Berbicara dengan jelas dan tegas. Serta dapat mengendalikan emosi ketika bernegosiasi.
- Menghindari konflik yang terjadi dan memusyawarahkan perbedaan pendapat agar menemukan tujuan yang tepat bersama.
2. Teknik Presentasi - Skill komunikasi
- Menyiapkan presentasi dengan baik dan memahami isi yang akan disampaikan, serta menyiapkan slide dan outline agar mudah dipahami oleh audiens.
- Berbicara di depan dengan penuh percaya diri, perhatikan kontak mata dan memilih bahasa tubuh yang baik.
- Memanfaatkan teknologi untuk membantu agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas.
3. Teknik Menulis - Skill komunikasi
Teknik menulis ini sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Karena dalam pemasaran secara digital akan lebih banyak berkomunikasi dengan audiens atau pelanggan melalui pesan teks.
- Menyusun ide yang sudah terorganisasi dan membuat outline sebelum menulis.
- Pemilihan kata-kata yang mudah dipahami dan hindari penggunaan kata yang berulang dan bertele-tele.
- Periksa kembali ejaan dan tata bahasa secara teliti untuk menghindari kesalahan penulisan dan kesalahpahaman pembaca.
- Memahami tujuan pesan yang ingin disampaikan dan target audiens sebagai pembaca.
Pentingnya Skill Komunikasi untuk Karir di Masa Depan
Skill komunikasi merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki dalam dunia kerja untuk meningkatkan kualitas diri serta menjaga hubungan antar rekan kerja serta klien.
1. Menjaga dan Meningkatkan Hubungan bersama Rekan Kerja
Menjaga dan meningkatkan hubungan yang baik bersama rekan kerja dalam sebuah perusahaan akan memberikan dampak positif karena dengan hubungan yang baik akan membantu untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mudah dan kerjasaman yang tepat. Memiliki skill komunikasi yang baik akan mudah untuk menyampaikan tugas dan tanggung jawab kepada sesama rekan kerja secara lebih leluasa, serta memberikan umpan balik yang membangun dan menumbuhkan rasa kepercayaan yang tinggi terhadap sesama karyawan.
2. Meningkatkan Efektivitas Hubungan Komunikasi dalam Tim
Selain dengan rekan kerja, hubungan bersama tim satu divisi juga sangat penting karena untuk menyelesaikan pekerjaan perlu kerjasama bersama tim. Dengan bekal komunikasi yang baik akan bermanfaat agar seluruh anggota tim memiliki pemahaman yang sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam memastikan keberhasilan tujuan dalam tim.
3. Mempererat Kulitas Hubungan dengan Klien
Tidak hanya dengan anggota internal saja, memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan untuk mempererat kualitas hubungan dengan klien. Sebagai pelaku usaha, keberadaan klien sangat penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha diharuskan untuk dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif kepada klien. Dengan begitu, dapat mempererat kualitas hubungan bersama klien dalam jangka panjang.
Secara singkat, skill komunikasi merupakan suatu kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja untuk mendukung dan mencapai tujuan perusahaan. Selain dari pengertian, teknik dan tata cara yang telah dijelaskan di atas, masih banyak sekali hal yang perlu diterapkan dalam membantu meningkatkan skill komunikasi dengan baik. Maka, jangan ragu untuk memulai berlatih dengan mengikuti pelatihan bersama PT Arduma sebagai In-House Training terbaik untuk membantu meningkatkan skill dan mencapai tujuan perusahaan.