fbpx

Public Relations di Era Digital: Tugas dan Fungsinya

arduma.id (Public Relations) – Setiap perusahaan akan selalu menjaga public image di mata konsumen. Terlebih di era digital seperti saat ini, tentu perusahaan akan berlomba-lomba untuk membangun serta memelihara hubungan baik dengan masyarakat atau konsumen. Untuk menjaga nama baik perusahaan agar tetap baik di mata public, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui adanya public relations. Apa yang dimaksud dengan public relations serta apa manfaat bagi perusahaan dan bagaimana proses kerjanya? Mari kita bahas berikut ini.

Public Relations

Pengertian Public Relations

Public relations atau bisa dikenal dengan hubungan kemasyarakatan/humas merupakan suatu proses interaksi antara perusahaan dengan masyarakat dalam memberikan persepsi, menciptakan opini, menumbuhkan motivasi dan menciptakan partisipasi publik. Pengertian lain dari public relations adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dan secara sengaja untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sehingga akan memberikan citra baik perusahaan di mata umum.

Menurut pengertian dari Coulsin – Thomas yang menyatakan bahwa public relations merupakan sebuah proses atau kegiatan terencana yang mempunyai tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan external perusahaan atau masyarakat secara luas. Selain itu, Alma mengatakan bahwa public relations merupakan aktivitas komunikasi yang ditujukan untuk membangun image baik suatu perusahaan.

Public relation memiliki tujuan untuk menjaga image perusahaan, menciptakan ruang opini untuk publik yang akan menguntungkan kedua belah pihak, saling menguntungkan, menumbuhkan keinginan yang baik, serta adanya kepercayaan publik terhadap perusahaan. Oleh karena itu, untuk berada di profesi ini tentu akan membutuhkan skill komunikasi yang baik untuk mendorong terwujudnya tujuan perusahaan secara tepat, cepat dan terus menerus.

Menjadi seorang public relations tentu akan berhubungan secara langsung dengan masyarakat. Namun, di era digital seperti saat ini, profesi ini harus berada di balik layar dan hadir di tengah masyarakat dengan ide-ide konten yang menarik agar dapat membangun interkasi secara virtual. Public relations yang memiliki fungsi untuk memperkenalkan brand dari perusahaan memiliki beberapa aktivitas yang harus dijalankan.

Menjadi seorang public relations, diharapkan memiliki kemampuan problem solving, komunikasi visual, manajemen publik, interpersonal yang baik, dan memahami strategi manajemen.

Peran Public Relations di Era Digital

1. Mengelola Sosial Media

Era digital yang memaksa setiap perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui sosial media, maka hal ini juga harus dilakukan dan dimaksimalkan oleh seorang public relations. Karena tugasnya untuk membangun koneksi kepada konsumen, maka pendekatan yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang berjalan. Oleh karena itu, kecakapan untuk mengelola sosial media akan menjadi tanggung jawab PR. Hal ini karena perusahaan dapat menciptakan dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat melalui sosial media.

2. Menggiring Opini Publik

Opini publik merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. sebab, opini publik akan menciptakan sentimen. Jika sentimennya positif, maka akan memberikan citra yang baik untuk perusahaan, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, public relations memiliki peran untuk tetap menjaga dan bertanggungjawab terhadap citra perusahaan.

3. Menjaga Keberadaan Konsumen

Public relations memiliki peran khusus untuk menjaga hubungan dengan konsumen bersama dengan divisi pemasaran. Sebab, adanya isu kecil mengenai perusahaan pun akan merusak reputasi yang telah dibangun oleh perusahaan, sehingga dalam situasi ini tindakan yang tepat dan cepat harus segera dilakukan untuk mengembalikan citra perusahaan.

Pada era digital seperti saat ini, masyarakat sangat cepat mendapatkan informasi dari media sosial, maka peran public relations di sini untuk memastikan bahwa aliran informasi tetap relevan ketika disampaikan kepada masyarakat. Menjaga keberadaan konsumen diperlukan strategi yang inovatif dan kuat agar konsumen tetap memilih produk dari perusahaan Anda.

4. Menjaga Nilai Perusahaan di Sosial Media

Saat ini, sosial media sdah menjadi acuan masyarakat dalam mencari informasi mengenai apapun. PR memiliki peran untuk menjaga nilai perusahaan di sosial media beserta lini bisnisnya. Apalagi di era digital seperti saat ini, maka nilai perusahaan di sosial media menjadi sangat penting untuk dijaga. Termasuk di dalamnya yaitu membangun koneksi, memperbaiki hubungan dengan konsumen dan mengatasi kurangnya komunikasi. Public relations memiliki peran untuk menjaga agar konsumen tetap loyal terhadap perusahaan, sehingga perlu untuk memiliki strategi yang inovatif pada setiap produk yang akan dirilis. Hal tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan serta meingkatkan penjualan.

5. Merancang dan Melaksanakan Strategi Publikasi

Salah satu peran yang paling terlihat dan krusial bagi divisi PR di era digital adalah pengembangan strategi publikasi. Memang, ini adalah elemen paling mendasar yang harus ditekankan oleh divisi PR. Namun, perlu diingat bahwa langkah serupa juga sering diambil oleh pemain lain, termasuk pesaing bisnis. Oleh karena itu, budaya perusahaan harus ditanamkan dalam strategi ini.

Strategi publikasi memiliki potensi untuk membangun citra yang kuat dan efektif, yang pada gilirannya dapat memberikan keunggulan yang membedakan bisnis dari pesaing dalam industri yang sama. Dampaknya bahkan lebih signifikan karena mampu menciptakan segmen pasar baru, menarik lebih banyak pelanggan, dan membantu perusahaan mendekati tujuannya.

Tugas Public Relations di Era Digital

Berikut ini tugas seorang public relations di era digital:

NO

Tugas Public Relations

1.

Berhubungan secara langsung dengan masyarakat umum untuk mendapatkan penilaian, menyatukan persepsi hingga terjalinnya hubungan yang baik antar masyarakat dan perusahaan.

2.

Membangun kesadaran positif tentang perusahaan di masyarakat melalui berbagai jenis media dan konten.

3.

Mengawasi media untuk menilai respon masyarakat terhadap perusahaan.

4.

Mengimplementasikan prosedur pemulihan dan manajemen krisis saat perusahaan terlibat dalam insiden tertentu.

5.

Memahami tujuan organisasi, kebutuhan untuk membentuk opini masyarakat dalam mengiklankan produk, serta kebijakan promosi dan elemen lainnya.

6.

Berdialog dengan manajemen untuk mengidentifikasi minat dan tren yang berkembang di masyarakat dan memberikan saran terkait keputusan bisnis.

7.

Menyusun serta mengisi konten di sosial media untuk perusahaan.

8.

Memperkenalkan merek perusahaan kepada masyarakat melalui berbagai media.

Fungsi Keberadaan Public Relations

1. Mendapatkan Dukungan dari Masyarakat

Salah satu fungsi dari public relations adalah mendapatkan dukungan dari masyarakat hingga memenangkannya dari kompetitor. Dukungan dari masyarakat terhadap suatu perusahaan akan memberikan dampak yang begitu besar, sebab dengan adanya dukungan tersebut akan memengaruhi masyarakat dalam memilih produk dari brand perusahaan Anda daripada perusahaan lain. Maka penting sekali peran humas bagi perusahaan agar masyarakat tetap percaya dengan brand dari perusahaan Anda.

2. Menumbuhkan Hubungan yang Baik

Selain mendapatkan dukungan dari masyarakat, menumbuhkan hubungan yang baik juga sangat berpengaruh bagi perusahaan. Sebab, jika perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat maka akan menumbuhkan rasa kepercayaan dari masyarakat. Adanya rasa kepercayaan dari masyarakat akan membantu meningkatkan penjualan bagi perusahaan.

3. Tetap Menjaga Image Perusahaan

Sebagai seorang humas yang berhubungan langsung dengan masyarakat serta membantu perusahaan untuk mempromosikan produk, sehingga sudah seharusnya jika terdapat kendala perusahaan yang berhubungan dengan produk dan masyarakat maka PR lah yang akan bertanggung jawab untuk menjelaskan atau mengeluarkan pernyatan kepada masyarakat. Proses yang dilakukan oleh PR merupakan sebuah proses yang berkelanjutan.

4. Menciptakan Kepuasan Relasi bersama Stakeholder

Stakeholder sebuah perusahaan yang mencakup karyawan, investor, pemegang saham, masyarakat dan pelanggan merupakan aset berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, peran public relations akan berfungsi untuk menjaga kepuasan dan memastikan bahwa perusahaan dan stakeholder memiliki persepsi yang sama. Persepsi yang sama tersebut akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

5. Menyebarluaskan Nilai Perusahaan

Perusahaan tentu saja memiliki nilai-nilai didalamnya. Fungsi dari adanya public relations adalah untuk menyebarluaskan nila-nilai perusahaan yang dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti siaran pers atau kegiatan lainnya yang dapat membantu perusahaan untuk menyebarluaskan nilai-nilai perusahaan. Hal ini juga akan membantu untuk menumbuhkan dan menjaga image perusahaan di depan masyarakat.

Bisnis saat ini beroperasi dalam lingkungan yang terus berubah secara dinamis, dan pusat dari perubahan ini adalah era digital. Perubahan yang cepat ini menuntut respons yang cepat pula agar bisnis tetap relevan dalam menghadapi situasi terkini. Dalam konteks ini, peran aktif dari divisi hubungan masyarakat (public relations) di era digital menjadi lebih krusial daripada sebelumnya.

Demikian pengertian Public Relations beserta tugas dan fungsinya yang dapat membantu mengembangkan perusahaan dalam berbagai hal. Untuk mengelola kemampuan dan mencapai tujuan perusahaan dengan tepat di era digital saat ini, maka Anda bisa mengikuti in-house training oleh PT Arduma yang akan membantu perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja tim. PT Arduma merupakan salah satu in-house training terbaik yang memiliki berbagai program pengembangan bagi karyawan maupun perusahaan. Segera hubungi PT Arduma untuk menciptakan karyawan yang produktif dan perusahaan yang aktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin