fbpx

Peran Leader untuk Perkembangan Bisnis

arduma.id (Peran Leader) – Setiap perusahaan tentu memiliki team leader yang menjadi komponen penting dalam sebuah perusahaan dan berjalannya operasional perusahaan. Sebagai leader, biasanya akan berperan dalam pengelolaan sebuah proyek, grup atau subgroup. Oleh karena itu, proses kerjanya akan sangat mempengaruhi kesuksesan dan produktivitas tim yang dikelola.

Peran Leader

Kerjasama tim yang solid akan membantu memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan dan target-targetnya. Dalam hal ini maka perlu untuk membentuk manajemen tim yang baik serta pengelolaan tugas yang sudah terencana. Artinya, hal tersebut merupakan salah satu peran dari seorang leader. Kehadiran leader dalam sebuah tim sangat krusial, karena seorang individu dapat menjadi hebat berkat pengelolaan manajemen yang baik.

Berikut ini pejelasan lebih lengkap mengenai peran leader bagi perusahaan. Simak ya!

Penjelasan Team Leader

Team leader merupakan seorang individu yang berperan untuk mengarahkan tim agar bisa mencapai tujuan tertentu. Setiap tim akan menjadi hebat jika dipimpin oleh pemimpin yang kompeten. Pemimpin yang bertanggung jawab terhadap segala hal, mulai dari operasional, produktivitas tim hingga memastikan bahwa seluruh anggota tim mendapatkan dukungan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

Perlu diketahui bahwa team leader tidak selalu seorang manajer atau supervisor, karena team leader biasanya terpisah dengan peran manajemen perusahaan. Team leader berada di lingkup sebuah divisi dalam perusahaan, misalnya divisi SEO dan divisi sosial media akan memiliki team leader masing-masing yang mampu mengarahkan tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebagai seorang team leader yaitu bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan mampu untuk menentukan arah proyek atau plan untuk melancarkan dan memenuhi target perusahaan. Team leader memiliki kewajiban untuk memberikan intruksi dan arahan kepada seluruh anggota timnya mengenai sebuah proyek atau pekerjaan. Tugas pemimpin yaitu mendelegasikan pekerjaan, melatih anggota tim sesuai dengan kebutuhan serta mengawai progress pekerjaan yang dilakukan oleh seluruh anggota tim.

Posisi ini dapat diisi oleh siapapun, sebab team leader bukanlah jabatan struktural. Maka segala posisi di perusahaan dapat menjadi team leader, mulai dari staff, manajer, asisten direktur maupun para petinggi perusahaan.  Team leader memiliki sejumlah peran yang penting dengan memastikan bahwa informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh seluruh anggota tim, memotivasi anggota tim, menghilangkan hambatan produktivitas dan memberikan dukungan penuh kepada tim.

Tugas dan Tanggung Jawab Team Leader

Pemimpin tim yang baik tidak hanya memberika perintah saja kepada aggota tim, tetapi sebagai seorang pemimpin diharuskan untuk mampu membantu anggota tim dalam mencapai tujuan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan. Sebab, pemimpin tim berbeda dengan bos. Artinya, sebuah tim bekerja dan menyelesaikan tugasnya bersama dengan pemimpin, bukan tim bekerja untuk pemimpin. Terdapat beberapa hard skill yang dibutuhkan sebuah team leader yaitu membuat rencana, menetapkan tenggat waktu penyelesaian tugas, dan mendelegasikan tugas yang telah diberikan.

Berikut ini peran dan tanggung jawab seorang team leader.

NO.

Tugas dan Tanggung Jawab

1.

Memilih individu dalam tim yang memiliki keterampilan yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.

2.

Merencanakan dan menerapkan strategi yang diperlukan oleh anggota tim agar tujuan dapat tercapai.

3.

Menugaskan tugas kepada setiap anggota tim berdasarkan kemampuan dan keahlian unik yang dimiliki oleh masing-masing.

4.

Memberikan pelatihan yang dibutuhkan agar tugas-tugas tertentu dapat diselesaikan demi mencapai tujuan.

5.

Memberikan dukungan dan motivasi secara berkala untuk menjaga semangat anggota tim dan mendorong mereka menuju tujuan bersama.

6.

Memantau operasi harian tim dengan seksama.

7.

Mengawasi kontribusi dan partisipasi setiap anggota tim untuk memastikan proyek tetap berada di jalur yang tepat untuk selesai tepat waktu.

8.

Menyiapkan dan mendistribusikan laporan reguler kepada manajemen yang mencerminkan kemajuan proyek.

9.

Memastikan penggunaan sumber daya yang efisien.

Peran Team Leader bagi Perusahaan

Sesuai dengan pengertiannya, bahwa team leader merupakan seorang individu yang bertugas untuk mengawasi fungsionalitas sebuah tim dengan memberikan intruksi dan panduan. Berikut ini beberapa peran yang dapat dilakukan oleh team leader.

Supervisor atau Manajer

Memiliki tanggung jawab untuk mengawasi kegiatan yang dilakukan dalam tim.

Strategist

Memiliki tanggung jawab untuk memutuskan bagaimana pekerjaan yang akan dikerjakan atau memutuskan proses kerja suatu tugas serta mengembangkan rencana untuk menyelesaikan tugasnya.

Komunikator

Seorang komunikator bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada anggota tim.

Organizer

Bertanggung jawab untuk menentukan tujuan yang akan menjadi sebuah tujuan dari seluruh anggota timnya.

Akan tetapi, keempat peran tersebut saling beriringan satu sama lain. Misalnya, seorang manajer dan komunikator memiliki tanggung jawab untuk merencanakan strategi bersama dengan tim serta memberikan arahan untuk menyelesaikan tugas.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Team Leader

Memotivasi

Sebagai seorang team leader diharuskan untuk dapat memberikan motivasi agar mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, seorang team leader diharuskan untuk memiliki skill ini agar mampu mencapai tujuan bersama tim.

Komunikasi

Sebuah tim tentu membutuhkan banyak komunikasi agar tugas yang dikerjakan dapat sesuai dan mencapai tujuannya. Terlebih bagi seorang team leader yang diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi sebab akan lebih banyak berkomunikasi secara rutin dengan anggota timnya, manajemen maupun klien.

Kemampuan komunikasi ini diperlukan agar seorang pemimpin dapat memastikan bahwa seluruh anggota tim memiliki pemahaman yang sama mengenai tugas yang diberikan dan tujuan yang sama. Oleh karena itu, skill komunikasi yang baik secara verbal maupun tulisan dibutuhkan oleh seorang pemimpin agar dapat memastikan informasi yang mudah dimengerti dengan mudah oleh seluruh tim.

Decision Making

Sebagai seorang pemimpin diharuskan untuk dapat membuat keputusan secara rutin yang dapat memastika  sebuah proyek dapat dikerjakan sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, seorang pemimpin diharuskan untuk memiliki kemampuan decision making agar dapat menyelesaikan sebuah proyek dengan efektif sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Membangun Hubungan

Kemampuan untuk dapat membangun hubungan dengan orang lain merupakan skill yang perlu dimiliki oleh seorang team leader. Karena dalam hal ini, team leader harus mampu untuk menjalin hubungan baik dengan seluruh anggota timnya, manajer maupun klien. Dalam hal ini, membangun hubungan berarti juga menjaga rasa saling percaya dan dapat menghargai satu sama lain.

Bersikap Adil

Sebagai seorang pemimpin, memiliki sikap yang adil sangat diperlukan untuk membangun tim yang solid. Karena, seorang pemimpin harus mampu membagi atau memberikan tugas yang disesuaikan dengan kemampuan seorang tim. Sikap adil berarti tidak mengistimewakan salah satu anggota timnya karena hal ini dapat memecah belah kesolid-an sebuah tim.

Berorientasi terhadap Tujuan

Pemimpin tim diharapkan mampu untuk memimpin dan melakukan segala hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama, sehingga seorang team leader harus peka terhadap situasi dari berbagai sudut pandang dan memilih tindakan yang terbaik agar dapat mencapai tujuan.

Bertanggung Jawab

Skill yang harus dimiliki oleh seorang team leader adalah mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri dan seluruh anggota timnya. Agar bisa menjadi seorang team leader yang efektif, perlu untuk mengambil tanggung jawab dan menunjukkan value dan loyalitas merupakan hal penting untuk menjadi seorang team leader yang efektif.

Demikian pengertian mengenai peran leader bagi perusahaan. Pentingnya seorang leader untuk mencapai tujuan perusahaan mengharuskan perusahaan untuk mampu membentuk potensi leadership di lingkungan perusahaan. Sebab, skill leadership berguna untuk membentuk sebuah tim yang solid, kolaboratif dan efektif terhadap berjalannya operasional perusahaan.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengikuti in-house training bersama PT Arduma untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas karyawan. PT Arduma menyediakan beberapa program dalam in-house training-nya yaitu, pelatihan leadership, service excellence manajemen, public speaking dan persiapan masa pensiun. Hubungi PT Arduma melalui contact di bawah ini dan wujudkan perusahaan yang produktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin