Kelebihan dan Kekurangan Diri, Ini Jawaban Interview Menjebak!
arduma.id (Kelebihan dan Kekurangan Diri) – Ketika melakukan wawancara atau interview kerja, perekrut biasanya memberikan berbagai macam pertanyaan mulai dari basic hingga pertanyaan-pertanyaan yang menjebak. Pertanyaan menjebak tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang kandidat dapat berpikir cepat dan tepat. Kamu bisa mempelajari tips menjawab wawancara kerja sebelum mendapatkan pertanyaan yang menjebak. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh perekrut adalah kelebihan dan kekurangan diri. Beberapa orang merasa sulit untuk menjawab pertanyaan ini karena takut tidak sesuai dengan pekerjaan yang akan ia lakukan. Namun, dalam hal ini kamu bisa mengintropeksi diri sendiri atau meminta orang lain untuk menilai apa yang ada dalam diri kamu. Tetapi, kalau kamu masih bingung dengan kelebihan dan kekurangan diri kamu, berikut ini contoh jawabannya.
Contoh Kelebihan Diri Saat Interview Kerja
Perlu diingat bahwa ketika kamu menjawab pertanyaan interview kerja, akan lebih baik jika memberikan contoh yang konkret atau memberikan gambaran mengenai apa yang pernah kamu lakukan, capai pada pekerjaan atau kehidupanmu sebelumnya. Pasalnya, perekrut akan lebih suka jawaban yang memberikan gambaran nyata sehingga tidak hanya secara subjektif. Jadi, pastikan ketika kamu memberikan jawaban juga disertai dengan contoh yang konkret.
1. Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi
Salah satu contoh jawaban untuk pertanyaan “kelebihan apa yang kamu miliki?” adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini berarti kamu memiliki kepercayaan yang tinggi dengan kemampuan yang kamu miliki. Akan tetapi, perlu diingat ketika menyampaikan jawaban ini harus disertai dengan bahasa tubuh dan kalimat yang sesuai agar tidak terlihat arogan. Kamu bisa memberikan jawaban ini dengan memberikan contoh konkret seperti mahir melakukan public speaking karena sering menjadi MC atau pembawa acara. Dengan menunjukkan contoh konkret tersebut, maka akan meyakinkan perekrut bahwa kamu memang benar-benar seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi.
2. Mampu Berpikir Kreatif
Dalam dunia kerja, ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif. Terutama jika kamu melamar di industry kreatif yang tentu membutuhkan kreativitas di dalamnya. Tidak hanya itu, biasanya perusahaan membutuhkan kemampuan ini untuk menciptakan inovasi baru bagi perusahaannya. Dengan begitu, kamu bisa memberikan contoh atau gambaran konkret mengenai kreativitas apa yang pernah kamu lakukan dan hasilkan. Misalnya, kamu mampu memberikan solusi terhadap suatu masalah sehingga dapat terselesaikan dengan baik atau seseorang yang memiliki kemampuan problem solving.
3. Kemampuan Berkomunikasi
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa komunikasi merupakan suatu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam dunia kerja. Pasalnya, skill komunikasi merupakan hal utama agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik. Ketika kamu menyampaikan kelebihan diri ini, kamu bisa menyampaikan dengan kalimat yang jelas, bahasa tubuh yang sesuai dan juga mampu mendengarkan pertanyaan dari perekrut dengan baik.
4. Mudah Beradaptasi
Dunia kerja seringkali mengalami perubahan yang cepat dan membutuhkan adaptasi kembali. Oleh karena itu, kemampuan menyesuaikan diri dengan perubahan juga merupakan salah satu kelebihan diri yang dapat disampaikan kepada perekrut. Sama halnya, ketika menyampaikan kelebihan diri yang lain, kamu bisa menyampaikan kelebihan ini dengan memberikan cerita singkat mengenai pengalaman yang pernah kamu alami dan cara kamu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Misalnya, perubahaan dalam alur kerja, penggunaan perangkat lunak dan yang lainnya.
5. Terbiasa Tepat Waktu
Terbiasa tepat waktu merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pasalnya, kebiasaan tepat waktu ini merupakan kebiasaan baik yang sebenarnya harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan kamu yang terbiasa tepat waktu, maka menggambarkan bahwa diri kamu menghargai waktu. Selain itu, kamu juga tentu akan memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan secara tepat waktu juga. Hal itulah yang diharapkan oleh perusahaan kepada karyawannya.
6. Mampu Berpikir Kritis
Kelebihan diri ini merupakan kemampuan untuk menganalisis informasi secara kritis dan juga logis. Kemampuan ini tentu dibutuhkan dalam penyelesaian masalah atau pekerjaan yang membutuhkan analisis secara kritis dan juga mendalam. Ketika kamu melamar pada bidang pekerjaan yang membutuhkan analisis, kamu bisa menyampaikan kelebihan ini kepada rekruter.
7. Mindfulness
Mindfulness merupakan kesadaran yang muncul dari memperhatikan dengan sengaja serta tanpa memiliki tujuan untuk menghakimi. Kunci dari kemampuan ini adalah memberikan perhatian dengan cara tertentu terhadap suatu hal. Perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki perhatian terhadap segala hal.
8. Terorganisir dan Rapi
Salah satu kelebihan diri yang lain adalah terorganisir dan rapi. Dengan memiliki kelebihan ini, maka kamu akan dinilai mampu menyelesaikan pekerjaan dengan rapi, memperhatikan secara detail dan juga menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik tanpa ada satu pun pekerjaan yang terlewat. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan bagaimana cara kamu menyelesaikan pekerjaan dengan terorganisir dan rapi seperti membuat to-do-list, time management yang baik dan lain sebagainya.
Contoh Kekurangan Diri Saat Interview Kerja
Ketika menyampaikan kelemahan yang ada dalam diri kamu, pastikan bahwa kamu tidak menyampaikan sisi negatif yang mungkin tidak dapat dirubah dalam diri kamu. Lebih baik, jika kamu menyampaikan kelemahan yang kemudian dapat ditutup dengan kelebihan yang kamu miliki atau kamu dapat belajar dengan cepat untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi perekrut bahwa kamu memiliki keahlian yang lebih besar dibanding kekurangan yang kamu miliki.
1. Belum Mahir Berbahasa Asing
Perusahaan saat ini membutuhkan kandidat yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin atau pun yang lainnya. Kamu bisa mengatakan bahwa kamu memiliki kemampuan berbahasa inggris namun belum terlalu mahir. Akan tetapi, saat ini kamu sedang kursus Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing.
2. Terlalu Perfeksionis
Perfeksionis merupakan suatu kelebihan diri yang dimiliki oleh seseorang. Namun, jika memiliki kemampuan secara berlebihan maka sifat ini akan merugikanmu dan pekerjaanmu. Seseorang yang terlalu perfeksionis biasanya menetapkan standar yang sangat tinggi untuk dirinya sendiri dan orang lain sehingga sering merasa kurang puas dengan apa yang sudah dikerjakan dengan maksimal. Selain itu, terlalu perfeksionis juga dapat memperlambat pekerjaan. Jika kamu menyampaikan kekurangan diri ini, kamu bisa menyampaikan bahwa sifatmu tidak akan mengganggu kinerjamu dan justru akan memaksimalkan pekerjaan dengan teliti, rapi dan sesuai dengan waktu yang diberikan.
3. Terlalu Mengkritisi Diri
Kekurangan diri berikutnya adalah ketika kamu terlalu mengkritisi diri. Ada beberapa orang yang mampu mengkritik diri sendiri, merasa selalu kurang dengan apa yang dikerjakan serta tidak melakukan beberapa hal dengan baik. Hal ini akan membuat kamu bekerja lebih keras lagi untuk mencapai hasil yang terbaik hingga kadang merasa lelah. Ketika menyampaikan kelemahan ini, kamu bisa menyampaikan bahwa kamu sedang memperbaiki hal ini dan lebih belajar untuk menghargai pekerjaan maupun diri sendiri.
4. Kurang Percaya Diri
Kurang percaya diri merupakan suatu kondisi ketika kmau merasa tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari kamu. Jika kamu seorang yang pemalu, kamu bisa menyampaikan ini kepada perekrut bahwa belum terbiasa berbicara di depan banyak orang. Namun, kamu juga perlu menyampaikan bahwa saat ini kamu sedang berusaha memperbaiki hal ini dengan cara mengikuti komunitas, berbicara di depan cermin dan juga mengikuti kursus untuk meningkatkan skill.
5. Kurang Konsentrasi
Kekurangan diri yang dapat kamu sampaikan kepada perekrut adalah kurangnya konsentrasi atau mudah terganggu oleh hal-hal sepele. Banyaknya hal-hal yang dapat mengganggu kamu, akan mengganggu fokusmu ketika bekerja. Sampaikan ini kepada rekruter dan sampaikan bagaimana kamu menyikapi hal ini. Misalnya, kamu akan mudah kembali fokus ketika kamu mendengarkan musik, bekerja di tempat yang sunyi ataupun yang lainnya.
Itulah contoh kelebihan dan kelemahan diri yang dapat kamu sampaikan ketika interview kerja. Selalu ingat, bahwa kamu harus menunjukkan rasa percaya diri, komunikasi dan bahasa tubuh yang tepat selama melakukan interview kerja. Hal ini akan menjadi pertimbangan perekrut dalam menerima kamu, sehingga kamu harus memaksimalkan proses interview dengan baik.