fbpx

Direct Marketing: Pengertian, Keunggulan dan Jenisnya

arduma.id (Direct Marketing) – Untuk mencapai target penjualan, tentu saja para pelaku bisnis melakukan strategi-strategi tertentu untuk dapat menarik pelanggan. Salah satu cara agar lebih mudah mendapatkan pelanggan yaitu dengan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan yang harus diperhatikan dengan baik oleh pelaku bisnis. Teknik yang tepat untuk melakukan interaksi secara langsung disebut dengan direct marketing. Teknik ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis karena dinilai paling tepat untuk meningkatkan penjualan. Sebab teknik ini merupakan salah satu strategi paling efektif karena bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan tanpa orang ketiga atau perantara.

Dalam Bahasa Indonesia, direct marketing disebut sebagai strategi pemasaran langsung. Karena proses penjualan atau pemasarannya yang dilakukan secara langsung kepada calon pelanggan. Teknik pemasaran secara langsung bukan berarti secara tatap muka saja, tapi juga secara online dan tatap muka. Berikut penjelasan secara lengkap mengenai direct marketing.

direct marketing

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing merupakan strategi marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan cara berkomunikasi langsung dengan para pelanggan baru maupun potensial, tanpa melalui perantara dari pihak ketiga seperti media atau iklan. Berkomunikasi secara langsung yang dilakukan oleh pelaku bisnis adalah mulai dari memperkenalkan produk yang ditawarkan hingga mencapai penjualan.

Akan tetapi strategi marketing tidak melulu bertujuan untuk mencapai penjualan secara langsung. Biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk terlebih dahulu kepada pelanggan dan membuat pelanggan tertarik. Meskipun di era saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan brand awareness, tetapi strategi pemasaran secara langsung ini lebih efektif karena secara langsung berkomunikasi dengan calon pelanggan. Karena dengan komunikasi secara langsung, informasi yang disampaikan kepada calon pelanggan akan lebih akurat dan personal sehingga akan lebih menarik pelanggan.

Jika teknik ini dijalankan dengan baik, maka akan lebih cepat untuk meningkatkan penjualan. Sebab dengan menghubungi pelanggan secara langsung, entah melalui pesan SMS, email atau melalui telfon akan mudah untuk membuat pelanggan penasaran hingga tertarik. Tetapi penargetannya juga harus tepat dengan produk yang ditawarkan.

Misalnya, bisnis yang dijalankan sedang menawarkan produk olahraga, maka pemasarannya juga harus disesuaikan dengan target pasar yang membutuhkan. Jadi ketika produk olahraga, maka agar lebih efektif bisa menargetkan laki-laki atau olahragawan sebagai pelanggan yang potensial.

Keunggulan Direct Marketing bagi Perusahaan

1. Menekan Biaya Promosi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa strategi ini tidak melibatkan pihak ketiga atau media periklanan, sehingga strategi ini dapat menekan biaya promosi bagi perusahaan. Dengan teknik strategi ini, pelaku bisnis akan lebih fokus untuk menarik segmentasi pasar yang tepat dengan tujuan memperkenalkan produk dan menjelaskan secara detail produk yang ditawarkan kepada pelanggan secara langsung.

2. Menjaring Lebih Banyak Pelanggan

Strategi direct marketing ini berpotensi menjangkau pelanggan lebih banyak karena dengan proses pendekatannya secara langsung  serta dapat menyampaikan secara detail mengenai produk yang ditawarkan, maka pelanggan akan lebih mudah tertarik untuk membeli produk. Selain itu, jika disampaikan dengan baik tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan akan menyebarkan informasi mengenai produk perusahaan Anda kepada sekitarnya. Dengan begitu, hal ini akan secara otomatis menciptakan customer advocacy dan akan membuat bisnis Anda berkembang dan dikenal lebih cepat dan luas.

3. Menumbuhkan Pelanggan yang Loyal

Seperti pada tekniknya, bahwa strategi ini langsung berinteraksi dengan pelanggan tanpa perantara, sehingga akan membuat hubungan dengan pelanggan lebih personal. Dengan demikian pelanggan akan merasa lebih dihargai sebagai konsumen. Hal tersebut yang akan menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap brand. Tidak menutup kemungkinan para pelanggan akan melakukan pembelian ulang atau repeat order jika kualitas produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Oleh karena itu, penyampaian pesan ketika melakukan direct marketing harus diperhatikan dengan benar karena dari penyampaian informasi tersebut yang akan menentukan apakah pelanggan melakukan transaksi atau tidak.

Jenis-jenis Penerapan Direct Marketing

Ada beragam jenis direct marketing yang dapat melancarkan teknik strategi ini. Berikut jenis-jenisnya.

1. Telemarketing

Salah satu cara untuk melakukan direct marketing, adalah telemarketing. Telemarketing merupakan sebuah teknik marketing yang dilakukan dengan cara memanfaatkan telepon untuk menghubungi pelanggan. Teknik ini dapat mendatangkan pelanggan baru yang potensial dengan volume yang lebih besar serta merupakan cara yang tepat untuk menindaklanjuti promosi secara langsung. Dalam hal ini, agar mencapai target penjualan dan menciptakan pelanggan baru adalah dengan mengamati terlebih dahulu apakah produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Setelah mengetahui itu dan memanfaatkan kesempatan dengan baik maka akan memaksimalkan teknik telemarketing.

2. Email Marketing

Jenis yang kedua adalah email marketing. Email marketing biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan newsletter yang berisi promo, pemberitahuan mengenai produk atau hal-hal lainnya melalui email. Bahkan biasanya pelaku bisnis juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan yang setia guna menjalin hubungan yang lebih erat dan pelanggan akan merasa dihargai sebagai konsumen.

3. SMS Marketing

SMS marketing merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan cara praktik mengirimkan satu pesan teks kepada para pelanggan secara bersamaan. Strategi ini akan lebih memudahkan pelaku bisnis untuk berinteraksi secata langsung dengan para pelanggan.

4. Sosial Media Marketing

Pada era saat ini, seluruh masyarakat sudah memanfaatkan media sosial untuk menggali informasi mengenai suatu hal apapun. Oleh karena itu memanfaatkan media sosial untuk teknik strategi direct marketing juga merupakan salah satu yang tepat dan cerdas untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Di sosial media, dapat melakukan promosi dengan membagikan konten yang bermanfaat dan informatif sehingga pelanggan dapat melakukan komentar di postingan yang diunggah. Selanjutnya, bisa dilakukan dengan cara direct massage kepada pelanggan untuk menjelaskan produk secara lebih detail.

5. Internet Marketing

Internet marketing atau yang biasa disebut dengan digital marketing merupakan suatu cara yang digunakan untuk melakukan promosi melalui website. Dengan menggunakan jenis ini, pelaku bisnis akan melakukan promosi melalui website dengan meraih traffic sebanyak-banyaknya. Berhubungan dengan internet marketing dan website, maka salah satu praktik yang dilakukan adalah dengan SEO (search engine optimization) yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website agar dapat menjangkau organic traffic melalui Google, hingga pelanggan mengenal produk dalam bisnis Anda.

6. Direct Selling

Direct selling merupakan salah satu jenis dari direct marketing yang biasa digunakan oleh perusahaan korporasi. Pasalnya, dalam hal ini perusahaan akan menugaskan karyawannya untuk melakukan promosi dari rumah ke rumah dan melakukan iklan layanan langganan serta produk-produk lain kepada pelanggan. Jenis yang satu ini memungkinkan perusahaan menjalin hubungan dengan pelanggan secara lebih personal karena bertatap muka langsung.

7. Experiential Marketing

Jenis berikutnya adalah experiential marketing. Strategi promosi ini biasa dilakukan untuk menarik konsumen dengan membuat sebuah acara atau pengalaman tertmtu yang bersifat menghibur dan mendidik. Tujuan dari dilakukannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan brand awareness perusahaan serta memperdalam kepuasan dan loyalitas pelanggan. Contoh dari kegiatan ini adalah perusahaan membuat acara seperti seminar, pameran, webinar atau kegiatan lain yang dapat menarik pelanggan.

8. Kiosk Marketing

Strategi berikutnya yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis adalah kiosk marketing. Strategi ini merupakan strategi paling kuno namun dianggap masih efektif dan relevan. Metode yang digunakan untuk melancarkan strategi ini adalah menjangkau banyak konsumen pada lokasi yang ramai pengunjung seperti mall atau stadion. Kiosk sendiri melibatkan penjualan produk melalui kios dan mesin penjual otomatis.

Demikian pengertian mengenai direct marketing, manfaat dan jenis-jenisnya untuk melancarkan promosi perusahaan. Strategi ini cocok digunakan untuk para pelaku bisnis yang sedang memulai untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan. Menggunakan strategi yang simpel dan tidak memakan banyak biaya merupakan salah satu cara efektif bagi pelaku bisnis kecil.

Untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, perlu adanya tim yang profesional guna mencapai tujuan perusahaan bersama-sama. Memiliki tim yang profesional, akan memperlancar kegiatan promosi perusahaan dengan berdasar visi misi perusahaan. Tidak mudah bagi seorang pemimpin agar bisa menjalankan tugasnya dan memimpin timnya dengan baik. Oleh sebab itu jangan ragu untuk meningkatkan skill bersama Arduma. Arduma akan membantu perusahaan untuk menjalankan tujuannya secara profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin