fbpx

Aplikasi Manajemen Proyek yang Wajib Anda Coba

arduma.id (Aplikasi Manajemen Proyek) – Banyaknya pekerjaan dengan dateline yang saling berdekatan membuat kita akan merasa kewalahan dan kesulitan untuk menyelesaikannya, terutama bagi kamu yang terbiasa bekerja dalam tim. Menyampaikan tugas dan tanggung jawab kepada tim juga kadang membutuhkan waktu yang lama. Untungnya, teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan lebih efisien yaitu kita bisa dengan mudah mengelola berjalannya suatu pekerjaan yang dikerjakan bersama dengan tim hanya dengan kecanggihan teknologi.

Aplikasi Manajemen Proyek

Kecanggihan tersebut disebut sebagai aplikasi manajemen proyek. Apa itu manajemen proyek? Manajemen proyek adalah sebuah disiplin ilmu yang kompleks dan membutuhkan banyak elemen alat dan teknik yang tepat agar bisa mengelola proyek pekerjaan dengan baik. Tanpa adanya dukungan alat yang tepat, sebuah pekerjaan akan lebih sulit untuk dikelola dan membutuhkan lebih banyak sumber daya. Berikut ini rekomendasi aplikasi manajemen proyek yang dapat memudahkan dalam mengelola proyek agar lebih efektif dan efisien.

Penjelasan Manajemen Proyek

Manajemen proyek adalah pendekatan terstruktur untuk merencanakan, mengorganisasi, mengelola, dan mengendalikan sumber daya dan aktivitas dalam sebuah proyek untuk mencapai tujuan tertentu dalam batasan waktu, anggaran, dan sumber daya yang telah ditentukan. Tujuan utama dari manajemen proyek adalah untuk menyelesaikan proyek dengan efisien, efektif, dan dalam batas waktu yang telah ditentukan, sambil memenuhi persyaratan kualitas yang ditetapkan.

Manajemen proyek juga mencakup berbagai alat dan teknik, seperti diagram Gantt, PERT (Program Evaluation and Review Technique), analisis risiko, dan banyak lagi, yang digunakan untuk membantu perencanaan, pemantauan, dan pengendalian proyek. Manajemen proyek dapat diterapkan dalam berbagai industri dan sektor, dari konstruksi hingga teknologi informasi, dan memiliki peran penting dalam memastikan kesuksesan proyek dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

10 Aplikasi Manajemen Proyek

1. Trello - Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi manajemen proyek

Salah satu aplikasi manajemen proyek yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan seseorang adalah Trello. Trello merupakan sebuah aplikasi kolaborasi yang sangat fleksibel, aplikasi ini dapat digunakan secara bersamaa oleh sebuah tim untuk memantau pengerjaan suatu proyek. Sehingga, seluruh anggota tim dapat mengetahui update terbaru pada setiap proyek yang dikerjakan, seseorang yang bertugas pada proyek tertentu dan sejauh mana pekerjaan telah dikerjakan.

2. Notion

aplikasi notion

Hampir sama dengan Trello, aplikasi Notion juga dirancang untuk memudahkan pekerjaan dan memantau pekerjaan hanya dari satu tampilan saja. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menulis berbagai jenis catatan, menyusun to do list secara lengkap dan detail, ataupun mengatur keberlangsungan suatu proyek dengan menggunakan workflow buatan sendiri.

3. Monday.com

manajemen proyek

Aplikasi Monday.com dapat merancang sebuah proyek hanya melalui satu platform. Aplikasi ini menyediakan tampilan yang menarik dengan berbagau pilihan template sampai kustomisasi berdasarkan dengan kebutuhan. Aplikasi Monday ini membagi tiga jenis board yaitu, Shareable Boards, Team Task dan Private Boards. Ketiga jenis tersebut yang membedakannya adalah keleluasaan akses jadwal ataupun pekerjaan pada single board, entah hal itu akses secara pribadi, seluruh anggota maupun para undangan klien. Selain itu, Monday.com juga memberikan kemudahan fitur seperti notifikasi, komen lengkap dengan bisa menyebut anggota lain, serta thumb yang dapat diberikan pada pekerjaan anggota tim lain

4. Evernote - Aplikasi Manajemen Proyek

Memudahkan pekerjaan

Evernote merupakan aplikasi manajemen catatan yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpang berbagai catatan, gambar, dan file yang berkaitan dengan proyek pekerjaan. Aplikasi ini sagat memungkinkan penggunanya untuk mengatur catatan dengan mudah dan membagikan catatan ke seluruh anggota tim.

5. Slack - Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi meringankan pekerjaan

Aplikasi manajemen proyek yang berikutnya adalah Slack. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi di kalangan perusahaan hingga komunitas. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mengelola proyek yang memudahkan para pekerja tim dapat berkomunikasi dengan saling mengirim pesan di dalamnya. Pesan yang dikirimkan juga dapat berupa catatan, file dalam berbagai format, serta seluruh anggota tim dapat menuliskan komentar di dalamnya.

Ruang komunikasi yang disediakan oleh Todoist dibagi menjadi dua yaitu Channel dan Direct Massage. Channel digunakan ketika ingin berkomunikasi dengan seluruh anggota tim yang ada di dalamnya, sedangkan direct massage hanya bisa berkomunikasi secara perorangan. Fitur yang ada di dalamnya juga hampir sama seperti media sosial, sehingga menyediakan fitur seperti emoticon serta mengirimkan notifikasi pemberitahuan agar tidak tertinggal informasi terbaru.

6. Todoist

Aplikasi todoits manajemen proyek

Aplikasi manajemen proyek yang berikutnya adalah Todoist. Todoist ini menampilkan sesuatu yang ringkas dan mudah dipahami serta mampu mengkategorikan jenis-jenis tugas pada jenis proyek tertentu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa mengatur jadwal, membuat rencana dan pengingat, ataupun berkolaborasi dengan mudah. Selain ini, aplikasi ini juga memiliki fitur natural language dan juga smart schedule untuk pengelolaan daftar tugas dan pemilihan waktu yang lebih gampang.

7. Google Sheet

Aplikasi memudahkan pekerjaan

Aplikasi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan para pekerja. Aplikasi spreadsheet gratis yang ada dalam Google Sheet ini dapat digunakan untuk mengatur segala data proyek dan digunakan untuk membuat laporan. Aplikasi ini sangat memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi secara real time dan menyediakan fitur-fitur seperti formula, pivot table, grafik dan masih banyak lagi fitur lainnya yang memudahkan untuk mengerjakan data hingga laporan.

8. Asana - Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi manajemen proyek

Aplikasi yang selanjutnya adalah Asana. Asana merupakan sebuah platform manajemen proyek online yang memungkinkan seluruh tim untuk mengelola tugas, proyek dan kolaborasi dalam satu tempat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau status pekerjaan secara real time, dapat mangatur dateline serta mampu mengelola tugas-tugas proyek dengan mudah.

9. Jira

project management tools

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan adalah Jira. Aplikasi ini digunakan untuk manajemen proyek software development yang juga digunakan untuk manajemen proyek secara umum. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur di dalamnya seperti pengaturan tugas, penjadwalan, manajemen bug dan juga pelaporan.

10. Microsoft Project

tools project management

Aplikasi manajemen proyek terakhir yang dapat digunakan adalah Microsoft Project. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan untuk membantu pekerjaan. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur manajemen proyek seperti penjadwalan, pemantauan, pengaturan tugas dan pelaporan proyek yang komprehensif.

Dengan demikian, aplikasi manajemen proyek adalah alat yang sangat berguna untuk membantu tim proyek mengatur, mengawasi, dan mengeksekusi proyek mereka dengan lebih efisien dan efektif. Dalam dunia yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat, aplikasi-aplikasi ini dapat menjadi mitra yang sangat berharga bagi para profesional manajemen proyek untuk mencapai kesuksesan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Dengan berbagai fitur dan kemampuan yang beragam, ada banyak pilihan aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek. Pilihlah dengan bijak sesuai dengan karakteristik dan skala proyek yang dibuthkan dan pastikan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi guna menjaga keunggulan kompetitif dalam dunia manajemen proyek.

Untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas sumber daya manusia, perusahaan bisa bekerjasama dengan PT Arduma dalam mengikuti in-house training yang akan membantu dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Hubungi PT Arduma melalui contact di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin