fbpx

Perbedaan General Affair dengan Admin HR Beserta Tugasnya

Arduma.id (Perbedaan General Affair dengan Admin HR) – Dalam mengelola sebuah perusahaan, dua departemen kunci yang seringkali bekerja sama erat namun memiliki peran yang berbeda adalah General Affair (GA) dan Human Resources (HR). Memahami perbedaan tugas dan tanggung jawab antara General Affair dan Admin HR merupakan langkah penting dalam menjaga keseimbangan operasional dan pengelolaan sumber daya manusia. Artikel ini akan membahas secara mendalam perbedaan utama antara kedua departemen ini serta bagaimana kolaborasi di antara keduanya dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Perbedaan General Affair dengan Admin HR

Sebenarnya GA atau General Affair dalam posisi di perusahaan sangat saling berkaitan dengan Admin HR. Meskipun begitu General Affair punya peran tersendiri di departemen Human Resources. Mengapa demikian? Karena GA secara umum akan bertugas untuk mengawasi kegiatan operasional perusahaan. Nah, mau tau perbedaan general affair dengan admin HR gak Sobat? Kalau mau, yuk simak pembahasannya sampai akhir!

Pengertian General Affair

GA yang kepanjangannya adalah General Affair atau divisi umum adalah unit pendukung yang dibutuhan untuk memenuhi berbagai kebutuhan instansi sebuah perusahaan. Jadi, General Affair ini akan mengurus dan mengelola segala keperluan layanan perusahaan untuk seluruh departemen yang ada.

GA atau General Affair ini juga mengurus administrative (pelayanan peusahaan). GA bekerja di bawah kekuasaan Kepala Operasional dan bekerja sama dengan seluruh divisi perusahaan. Hal tersebut bermanfaat untuk menggabungkan urusan perusahaan dengan staff. Nah, umumnya, GA ini berada dalam divisi operasional atau divisi sendiri, namun beberapa perusahaan juga gabungkan posisi tersebut dalam departemen Human Resources atau singakatannya adalah HR.

General Affair (GA) merupakan departemen yang bertanggung jawab atas manajemen fasilitas dan aspek non-manusia dari operasional perusahaan. Peran GA bersifat holistik, mencakup berbagai tugas untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi dalam penggunaan aset perusahaan. Berikut adalah pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab General Affair:

Manajemen Fasilitas

Menjamin kebersihan dan pemeliharaan fasilitas kantor agar lingkungan kerja tetap nyaman dan aman.

Menjamin kebersihan dan pemeliharaan fasilitas kantor agar lingkungan kerja tetap nyaman dan aman.

Keamanan dan Kontrol Akses

Mengelola sistem keamanan, termasuk pengawasan keamanan, pengaturan alarm, dan kontrol akses fisik.

Bertanggung jawab atas pengelolaan kunci dan kontrol akses ke area tertentu dalam perusahaan.

Logistik Acara

Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan acara perusahaan seperti seminar, pelatihan, dan rapat.

Menangani rencana perjalanan dan akomodasi untuk keperluan bisnis.

Pengelolaan Aset Perusahaan

Memastikan pencatatan yang akurat dan efisien dari inventaris perusahaan dan pengelolaan aset fisik.

Mengatur dan mengelola fasilitas parkir untuk karyawan dan pengunjung.

Hubungan dengan Pihak Eksternal

Menjalin dan menjaga hubungan dengan vendor, pihak keamanan eksternal, dan penyedia layanan fasilitas lainnya.

Memastikan perusahaan mematuhi perizinan dan regulasi yang berlaku dalam pengelolaan fasilitas dan keamanan.

Pengertian Admin HR

Administrasi Sumber Daya Manusia (Admin HR) merupakan bagian integral dari departemen SDM yang bertanggung jawab atas sejumlah tugas administratif dan manajerial yang mendukung keberlangsungan operasional perusahaan. Peran Admin HR mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen kehadiran karyawan hingga penanganan masalah karyawan dan administrasi umum. Berikut adalah pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab Admin HR:

Manajemen Karyawan

Admin HR memiliki peran utama dalam siklus hidup karyawan, mulai dari proses perekrutan hingga pemberhentian. Tugas ini melibatkan:

Melaksanakan proses perekrutan, menyaring calon karyawan, dan membantu dalam wawancara seleksi.

Mengorganisir program orientasi untuk memastikan karyawan baru memahami budaya perusahaan dan proses kerja.

Menyusun dan melaksanakan program manajemen performa serta memberikan dukungan untuk pengembangan karyawan.

Administrasi Umum

Menangani dokumen karyawan, termasuk kontrak kerja, formulir pajak, dan dokumen lainnya.

Bertanggung jawab atas perhitungan gaji, pemotongan pajak, dan distribusi gaji secara tepat waktu.

Memantau dan mengelola absensi karyawan, termasuk izin, cuti, dan waktu kerja.

Kepatuhan Hukum

Memastikan perusahaan tetap mematuhi semua peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Menangani konflik, keluhan, atau masalah kedisiplinan yang melibatkan karyawan.

Pengembangan dan Pelatihan

Menyusun program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Seperti: Training Motivasi Bagi Karyawan, Public Speaking Training, ataupun Leadership Training.

Membantu dalam merencanakan jalur karir dan memberikan dukungan untuk pengembangan profesional.

Perbedaan General Affair dengan Admin HR Beserta Tugasnya

Dalam setiap organisasi, departemen General Affair (GA) dan Human Resources (HR) memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan. Meskipun keduanya berkontribusi pada pengelolaan sumber daya manusia, perbedaan antara General Affair dengan Admin HR sangat penting untuk dipahami agar tugas dan tanggung jawab keduanya dapat dijalankan dengan efisien.

Perbedaan Utama

  1. Fokus Pekerjaan
  • General Affair (GA): GA bertanggung jawab untuk mengelola aspek non-manusia dari operasional perusahaan. Fokus utamanya termasuk manajemen fasilitas, keamanan, dan pengelolaan aset perusahaan seperti inventaris dan properti.
  • Admin HR: Sebaliknya, Admin HR lebih terfokus pada aspek manusia dalam organisasi. Tugasnya mencakup manajemen karyawan, pengembangan SDM, dan aspek administratif yang berkaitan dengan tenaga kerja.
  1. Bidang Tanggung Jawab
  • General Affair (GA): GA bertanggung jawab untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan fasilitas fisik kantor. Ini melibatkan manajemen kebersihan, penyediaan peralatan kantor, serta koordinasi untuk acara dan pertemuan.
  • Admin HR: Admin HR lebih fokus pada pengelolaan karyawan, mulai dari penerimaan hingga pemutusan hubungan kerja. Mereka terlibat dalam administrasi gaji, pelatihan, pengembangan karir, dan memastikan kepatuhan perusahaan terhadap regulasi ketenagakerjaan.
  1. Waktu dan Penggunaan Sumber Daya
  • General Affair (GA): GA biasanya terlibat dalam tugas-tugas yang bersifat periodik atau proyek-proyek khusus yang melibatkan kebutuhan fasilitas. Pekerjaan GA bisa bersifat fleksibel tergantung pada kebutuhan perusahaan.
  • Admin HR: Admin HR terlibat dalam tugas-tugas yang bersifat rutin dan berkelanjutan, seperti manajemen harian, pemrosesan penggajian, dan penanganan masalah karyawan.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang peran General Affair dan Admin HR, perusahaanmu dapat meraih kesuksesan yang lebih besar. Jika kamu ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tim-mu dalam mengelola fasilitas, administrasi, dan sumber daya manusia, kami mengundang kamu untuk bergabung dalam perjalanan in-house training di perusahaan kami.

In-House training kami dirancang khusus untuk memberikan wawasan mendalam tentang perbedaan antara GA dan Admin HR, serta bagaimana keduanya dapat bekerja bersama secara sinergis. Dengan instruktur berpengalaman dan materi yang relevan, training ini akan membantu memperkuat fondasi operasional perusahaan-mu.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengoptimalkan potensi tim kamu, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut dan bergabunglah dalam perjalanan pengembangan karyawan yang bermanfaat bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin