Strategi SEO Marketing Digital yang Efektif dan Cara Kerjanya

SEO Marketing Digital

Perkembangan industri yang semakin pesat membuat peran pemasaran digital sangat krusial dalam lini bisnis. Mulai dari level top bisnis yaitu perusahaan besar hingga level UMKM memanfaatkan pemasaran digital untuk mendukung proses bisnisnya. Salah satu bentuk pemasaran digital adalah SEO Marketing Digital.

SEO mengambil peranan penting dalam pemasaran digital karena dengan kemunculan website brand di halaman pertama mesin pencarian akan mempermudah calon konsumen untuk mengenal brand tersebut sehingga terjadi aktivitas pembelian produk.

Begitu pentingnya peran SEO dalam dunia pemasaran digital membuat para pelaku usaha harus mempertimbangkan untuk mempelajarinya.

Lantas, apa pengertian SEO? serta bagaimana cara kerja dan strategi yang ampuh diaplikasikan pada SEO marketing digital? Artikel ini akan memberikan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut.   

Baca juga: Seberapa Penting SEO dalam Pemasaran Digital?

Apa Itu SEO Marketing Digital

SEO atau Search Engine Optimization adalah pengoptimalan website agar masuk ke peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari seperti google dan yahoo. SEO marketing digital bekerja dengan mengoptimalkan kualitas dan kuantitas traffict website melalui hasil pencarian di mesin pencari secara organik.

Oleh karena itu, SEO marketing digital membantu sebuah website untuk dapat ditemukan dengan mudah oleh pembaca yang tepat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk iklan di mesin pencari. Pada umumnya hasil organik yang dihasilkan SEO akan lebih awet muncul di urutan teratas dibanding dengan website yang membayar iklan namun tidak konsisten.

Tujuan utama SEO adalah untuk mendapatkan trafik pencarian dan kunjungan secara organik, dengan demikian dapat meningkatkan visibilitas brand yang berdampak pada penjualan.

Strategi SEO Marketing Digital yang Efektif

Upaya SEO marketing digital harus dilakukan secara konsisten agar hasil yang didapatkan benar – benar optimal. Selain harus konsisten, berikut adalah beberapa strategi SEO untuk pemasaran digital, antara lain:

Riset Kata Kunci

Strategi yang petama adalah riset kata kunci. Proses ini adalah upaya pencarian dan analisis kata kunci yang relevan dengan target audiens dalam mencari informasi, produk, serta hiburan di mesin pencari seperti google dan yahoo. 

Dalam pencarian kata kunci yang efektif, Anda dapat menggunakan tools SEO yang tersedia seperti google keyword planner atau semrush, langkah lain yang harus Anda lakukan adalah dengan menganalisis kata kunci yang digunakan oleh kompetitor bisnis.  

Pastikan menggunakan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan tingkat persaingan yang rendah karena dapat meningkatkan efektivitas optimasi.

Optimasi On-Page

Strategi selanjutnya adalah strategi on-page, strategi ini merupakan pengoptimalan elemen – elemen yang ada pada artikel di laman Anda. Elemen – elemen utama dalam artikel yang masuk kategori optimasi on-page, antara lain:

  • Judul Artikel
  • Meta Deskripsi
  • Heading dan Sub-Heading
  • Konten yang Berkualitas
  • URL
  • Gambar

Pastikan setiap artikel atau isi laman Anda memiliki judul yang deskriptif, unik, dan tidak terdeteksi plagiasi. Hal ini akan membuat laman anda lebih optimal dan memaksimalkan kemungkinan website berada di peringkat teratas pada mesin pencarian. 

Optimasi Off-Page

Optimasi tipe ini adalah cara untuk meningkatkan kunjungan website melalui tautan yang tercantum dari konten lain. Tautan bisa bersumber dari satu website yang sama maupun website berbeda milik orang lain. Hal tersebut dalam SEO dikatakan dengan istilah outbound link dan inbound link.

Tujuan dilakukan optimasi off-page adalah agar laman Anda terlihat lebih kredibel dan terpercaya bagi pengunjung. Efektivitas optimasi ini bukan tergantung dari seberapa banyak kuantitas laman yang mencantumkan tautan dari website kita namun dari kualitas performa website tersebut.

Semakin baik performa website optimasi off-page maka hasil yang didapatkan website Anda semakin teroptimasi dengan baik yang ditandai dengan meningkatnya kunjungan website.

Baca juga: Strategi SEO yang Efektif Tingkatkan Penjualan Produk di Situs Web

Teknikal SEO Marketing Digital

Teknikal SEO adalah keseluruhan aspek teknis dari optimasi website yang mencakup struktur URL, kecepatan situs, kemudahaan akses, serta sitemap. Teknikal SEO dapat menyempurnakan proses optimasi laman Anda agar terindeks oleh mesin pencarian. 

Konten Berkualitas

Strategi terakhir yang harus dilakukan adalah membuat konten yang berkualitas agar menarik minat pengunjung dan tidak melanggar pedoman konten di internet. Selain dapat menarik kunjungan, konten berkualitas juga dapat meningkatkan lama waktu pengunjung dalam berselancar diwebsite Anda. 

3 Tahapan Cara Kerja SEO Marketing Digital

Setelah mengetahui apa saja strategi yang cocok untuk melakukan optimasi website atau SEO. Langkah selanjutnya dapat kita pelajari adalah mengetahui cara kerja SEO marketing digital agar langkah SEO yang kita ambil dapat dapat benar-benar optimal dan efektif.

Berikut adalah penjelasan cara kerja pemasaran digital melalui SEO, antara lain:

Crawling

Crawling dapat digambarkan sebagai tahap penemuan. Ini adalah fase awal di mana mesin pencari secara aktif mencari konten din situs website terbaru dari berbagai situs di seluruh internet. Setelah ditemukan, konten tersebut akan didata secara menyeluruh oleh mesin pencari.

Data yang direkam ini kemudian akan ditampilkan ketika audiens memasukkan kata kunci tertentu yang relevan dengan konten situs web tersebut. Jika dalam konten Anda menyertakan outbound link atau inbound link, maka tautan rujukan tersebut juga akan ditinjau dalam proses crawling ini.

Indexing

Tahap berikutnya adalah indexing. Pada fase ini, data yang berhasil dikumpulkan selama proses crawling akan disortir dan dievaluasi. Dalam hal ini, indexing berfungsi layaknya quality control yang menentukan apakah sebuah konten situs website layak untuk dipublikasikan dan ditampilkan dalam hasil pencarian. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan sebuah konten situs web gagal terindeks, di antaranya:

  • Konten terdeteksi sebagai hasil plagiat dari laman lain.
  • Konten dianggap tidak kredibel serta dikategorikan sebagai konten spam.
  • Tidak terdapat tautan masuk (inbound link) dalam konten yang dibuat.

Ranking

Tahapan terakhir dari cara kerja SEO marketing digital adalah ranking atau pemeringkatan. Pada tahap ini, seluruh konten di website yang telah selesai indexing akan disusun peringkatnya berdasar berbagai aspek yang dapat dinilai oleh mesin pencari.

Berbagai aspek seperti relevansi konten, kualitas konten, reputasi, user experience, serti faktor teknis mempengaruhi perangkingan website. Oleh karena itu, pastikan website Anda telah memenuhi berbagai aspek tersebut sebelum dipublikasi.

Baca juga: Jenis-Jenis Pekerjaan SEO di Tahun 2025

Kesimpulan – Raih Lebih Banyak Pelanggan dengan SEO Marketing Digital

Dari pemaparan di atas dapat diketahui bahwa untuk dapat menggunakan SEO marketing digital perlu mengetahui terlebih dahulu strategi dan tahapan cara kerja SEO dalam pemasaran digital. Dengan informasi yang telah Anda dapatkan, kini saatnya untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut. 

Ingin berkarir di dunia pemasaran digital terutama SEO? Namun masih merasa belum siap secara skill? Segera tingkatkan kapasitas SDM Anda dengan belajar langsung dari praktisi yang sudah berpengalaman. 

Artamara Durus Marusean (Arduma) adalah solusi atas kebutuhan pengetahuan dan keterampilan yang semakin meningkat di dunia kerja. Segera, temukan solusi dari kebutuhan Anda dengan klik di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *