fbpx

Rumus Excel Paling Bermanfaat di Dunia Kerja

arduma.id (Rumus Excel Paling Bermanfaat) – Di dunia kerja, menguasai Microsoft Office merupakan skill yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Pasalnya, keberadaan Microsoft Office sangat memudahkan pekerjaan dalam waktu yang singkat. Pada Microsoft Office sendiri ada berbagai macam software yang dapat digunakan, salah satunya yaitu Microsoft Excel.

Rumus Excel Paling Bermanfaat

Mempelajari Microsoft Excel sebenarnya tidak terlalu rumit jika sudah mengetahui rumus-rumus excel yang ada di dalamnya. Bahkan, ketika kamu menguasai rumus excel, pekerjaanmu akan semakin mudah dalam mengolahnya, terlebih ketika berkaitan dengan data. Software ini memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan finance, accounting, marketing, administrasi, operasional dan yang lainnya. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memberikan syarat menguasai Microsoft Excel untuk kandidatnya.

Untuk menguasi Microsoft Excel, kamu perlu mengetahui rumus excel yang paling bermanfaat dan memudahkan pekerjaanmu berikut ini.

15 Rumus Excel Paling Bermanfaat

1. SUM

SUM merupakan salah satu rumus excel paling bermanfaat di dunia kerja yang digunakan untuk menemukan jumlah total atau cara menghitung total di Microsoft Excel. Rumus ini dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau angka yang ada pada sel di worksheet. Selain itu, rumus ini juga dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam bentuk yang lebih banyak, misalnya data dalam range (baris dan kolom) yang telah dipilih.

Rumus excel SUM: =SUM(number1:number2)

Pada rumus tersebut, yang berada di dalam kurung merupakan data atu baris dan kolom yang kamu pilih dan ingin dijumlahkan.

2. AVERAGE

Rumus excel kedua yang paling bermanfaat di dunia kerja adalah AVERAGE. Rumus ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata angka yang ada pada data di baris dan kolom yang dipilih.

Rumus excel AVERAGE: =AVERAGE(number1:number2)

Sama halnya dengan rumus penjumlahan atau total yaitu SUM, bahwa yang berada pada kurung adalah baris dan kolom yang dipilih.

3. COUNT

COUNT merupakan salah satu rumus excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah data yang sudah terusu pada tabel di worksheet. Dengan menggunakan rumus ini, kamu dapat memperoleh total angka walau dalam jumlah data yang banyak. Rumus COUNT ini hanya dapat digunakan untuk menghitung jumlah data yang terisi pada sel dan hanya berupa angka saja.

Rumus COUNT: =COUNT(value1;[value];…) atau =COUNT(range)

4. COUNTBLANK

Jika rumus COUNT pada excel berfungsi untuk menghitung data yang sudah terisi, pada rumus COUNTBLANK ini digunakan untuk menghitung data berupa angka yang kosong atau tidak ada pada sel.

Rumus COUNTBLANK: =COUNTBLANK(range)

5. COUNTA

Rumus excel berikutnya adalah COUNTA. COUNTA ini merupakan rumus yang digunakan untuk mencari data yang terisi pada sel dan dapat berupa angka atau teks.

Rumus COUNTA: =COUNTA(value1;[value2];…) atau =COUNTA(range)

6. SINGLE IF

Secara singkat, rumus IF digunakan untuk mencari hasil perhitungan dengan menggunakan kemungkinan dua hasil, seperti “benar” atau “salah”. Akan tetapi, kriteria atau hasil dalam rumus ini tidak selalu berbentuk “benar” atau “salah”. Kamu dapat menggantinya dengan kriteria lainnya, misalnya “baik” atau “tidak baik”, “lulus” atau “tidak lulus”, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhanmu.

Rumus excel SINGLE IF: =IF(logical_test; [value_if_true]; [value_if_false])

7. MULTI IF

Rumus ini berbeda dengan SINGLE IF yang hanya menggunakan satu kriteria saja. Dalam rumus MULTI IF, kamu dapat memasukkan lebih dari satu kriteria dalam perhitungan.

Rumus MULTI IF: =IF(logical_test; [value_if_true]; [value_if_false]) dengan menambahkan beberapa IF lagi setelah rumus pertama.

8. COUNTIF

Rumus excel yang paling bermanfaat di dunia keja berikutnya adalah COUNT IF. Rumus COUNT IF ini lebih menunjukkan perhitungan dengan cara yang lebih spesifik dan juga menggunakan kriteria tambahan seperti rumus IF.

Rumus COUNT IF: =COUNTIF(range;criteria)

9. VLOOKUP

VLOOKUP berfungsi untuk mencari suatu nilai yang terdapat dalam sebuah tabel yang sedang dikerjakan dan bersumber pada tabel yang lainnya. Rumus ini juga dapat digunakan untuk mengambil data dari tabel lain secara akurat dan juga praktis sehingga dapat membantu pekerjaan jika harus menganalisis data yang lebih banyak lagi.

Rumus VLOOKUP: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,rang_lookup)

Pada bentuk (lookup_value) ini merupakan kolom yang akan disesuaikan dengan nilai yang ada pada tabel referensi. Sementara itu pada bentuk (table_array) merupakan tabel sumber yang akan diambil datanya. Kemudian pada bentuk (index_num) ini adalah nomor kolom yang ada pada tabel yang diambil datanya, sedangkan (range_lookup) berfungsi sebagai penanda ketika nilai yang ingin dicari tidak ada pada tabel referensi, nilai ini akan ditampilkan atau salah. Selain itu, urutan dalam pengambilan nomor kolom harus dihitung dari arah yang paling kiri.

10. SUMIF

Rumus excel paling bermanfaat dalam dunia kerja yang selanjutnya adalah SUMIF. SUMIF ini berfungsi untuk menjumlahkan data dengan kriteria yang telah ditentukan. Pada dasarnya, kamu memberikan perintah untuk menjumlahkan (SUM) sebuah angka atau nilai, namun dengan kriteria yang tertentu (IF).

Rumus excel SUMIF: =SUMIF(range;criteria;[sum_range])

Range merupakan data sel dari kriteria yang ingin dicari nilainya. Kemudian criteria merupakan nama dari kriteria tersebut. Dan juga sum-range adalah data dari nilai yang ingin dijumlahkan.

11. SUMIFS

Berbeda dengan SUMIF, rumus SUMIFS ini berfungsi untuk menjumlahkan data dengan dua atau lebih banyak kriteria yang diinginkan.

Rumus SUMIFS: =SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1;criteria_range2;criteria2;…)

Sum_range merupakan sebuha nilai dari data yang ingin dijumlahkan. Lalu, criteria_range1 adalah kolom data dari kriteria pertama, dan criteria1 merupakan kriteria pertama dari nilai yang ingin dijumlahkan. Selanjutnya yaitu criteria_range2 adalah kolom dari kriteria yang kedua, kemudian criteria2 merupakan kriteria dari nilai yang ingin dijumlahkan.

12. ROUND

Rumus ROUND dalam excel digunakan untuk mengubah nilai yang berupa angka desimal ke angka yang bernilai bulat.

Rumus excel ROUND: =ROUND(number; num_digits)

Pada bagian (number) merupakan kolon tempat angka yang ingin diubah menjadi bilangan bulat. Sementara itu, pada bagian (num_digits) adalah jumlah angka pembulatan yang ingin diterapkan pada angka di belakang koma. Jumlah angka yang diterapkan dapat berupa angka 0, 1, 2 dan seterusnya yang mana tergantung pada banyak angka di belakang koma.

13. LOWER

Rumus LOWER ini dgunakan untuk mengubah format huruf tulisan dari huruf kapital ke huruf kecil. Misalnya kamu menulis “PARE KAMPUNG INGGRIS” diganti dengan “pare kampung inggris.”

Rumus LOWER: =LOWER(“text”)

14. MAX

Rumus excel berikutnya adalah MAX. Rumus MAX ini berfungsi untuk mencari nilai paling tinggi yang ada pada sebuah data. Rumus ini akan sangat membantu jika kamu memiliki data yang sangat banyak.

Rumus MAX: =MAX(number1;[number2];…)

Pada bagian number1 merupakan lokasi data atau sel yang ingin dicari nilai tertingginya. Selain itu, untuk mencari nilai tertinggi yang lebih dari satu data, kamu dapat menyeleksi lokasi datanya (range).

15. MIN

Rumus excel paling bermanfaat yang merupakan kebalikan dari rumus MAX yaitu MIN. Rumus MIN ini berguna untuk mencari nilai terendah dari data yang ada.

Rumus excel MIN: =MIN(number1;[number2];…)

Itulah rumus excel paling bermanfaat di dunia kerja yang dapat mempermudah pekerjaanmu agar cepat selesai. Semoga bermanfaat dan terus tingkatkan skillmu bersama PT Arduma. Hubungi PT Arduma melalui contact di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin