fbpx

Pilihan Pekerjaan berdasarkan MBTI Agar Tidak Salah Pilih

arduma.id – Memilih pekerjaan terkadang membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak hanya latar belakang pendidikan dan keahlian, namun juga kepribadian kita. Salah tipologi kepribadian yang cukup populer adalah MBTI. Artikel ini akan menjelaskan apa itu MBTI dan pilihan pekerjaan berdasarkan MBTI agar lebih mudah dalam menyesuaikan diri.

pekerjaan bedasarkan MBTI

Pengertian MBTI

MBTI (Myers-Brigg Type Indicator) merupakan salah satu tipologi kepribadian yang dibuat oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. MBTI membagi kepribadian dalam 16 golongan berdasarkan ciri berikut:

1. Introvert (I) vs Ekstrovert (E)

Ciri yang satu ini berhubungan dengan kehidupa sosial. Apakah seseorang memiliki kecenderungan introvert yang lebih penyendiri dan tertutup, atau ektrovert yang lebih suka bersosial dan terbuka.

2. Sensing (S) vs Intuition (N)

Ciri yang satu ini berkaitan dengan cara seseorang dalam memproses informasi. Tipe sensing lebih cenderung belajar dengan terlibat langsung. Sebaliknya tipe intuition (N) lebih cenderung menerima informasi yang lebih teoretis dan abstrak.

3. Thingking (T) vs Feeling (F)

Ciri yang satu ini berkaitan dengan kecenderungan dalam pengambilan keputusan. Apakah seseorang mengambil keputusan dengan didominasi oleh pemikiran logis (T) atau dengan perasaan (F)

4. Judging (J) vs Perceiving (P)

Terakhir berkaitan dengan cara orang dalam mengahadapi sesuatu. Tipe judging cenderung tegas dan teguh pendirian, sedangkan tipe perceiving lebih cenderung fleksibel dan adaptif.

Dari keempat ciri di atas. Seseorang hanya akan memiliki salah satu dari tiap pasangan ciri-ciri. Yang nantinya akan menghasilkan gabungan dari 4 ciri yang diambil dari salah satu dari tiap pasangan ciri di atas. Misalnya ciri nomor 1 seseorang hanya boleh memiliki kepribadian introvert, dan ciri nomor dua seseorang hanya boleh memiliki kepribadian sensing, begitupun nomor 3 dan 4.

Pilihan Pekerjaan berdasarkan MBTI

Berikut ini adalah pilihan pekerjaan berdasarkan tiap kepribadian berdasarkan MBTI

1. ISTJ - Inspector

ISTJ memiliki kepribadian yang pendiam dan nyaman bekerja secara indovidu. ISTJ juga lebih senang bekerja di tim kecil dan merupakan sorang yang logis dan tegas. Tipe kepribadian ini lebih cocok bekerja sebagai dokter, akuntan, analis, dan programmer.

2. ISFJ – Nurturer

ISFJ adalah orang yang dermawan yang selalu bermurah hati. Mereka sangat menghargai kerja sama dan peka terhadap perasaan orang lain.mereka juga memiliki etos kerja yang tinggi sehingga mereka selalu berdedikasi pada tugasnya. Mereka juga sangat teliti dan ingin menciptakan lingkungan yang teratur. Pekerjaan berdasarkan MBTI yang cocok untuk tipe kepribadian ini antara lain research analyst, staf finance, hingga manajer administrasi.

3. INFJ – Counselor

ISFJ adalah seseorang yang yang memiliki idealisme tinggi. kepribadian ini lebih senang memikirkan sesuatu secara mendalam serta penuh dengan ide dan imajinasi. Tipe kepribadian ini cocok bekerja sebagai psikolog, konselor, penulis, hingga ilmuwan.

4. INTJ - Mastermind

Orang dengan kepribadian INTJ lenih tenang, pendiam, serta menikamti waktu sendiri. Tipe yang satu ini lebih suka membuat suatu rencana dan menyusun strategi. Tipe ini cendering intuitif dan terampil. Pekerjaan yang cocok untuk SNTJ adalah penasehat keuangan, musisi, hingga manajer.

5. ISTP – Craftman

Orang dengan kepribadian ini cukup misterius dan rasional. ISTP juga memiliki antusiasme yang tinggi serta spontan. Terkadang mereka bertingkah diluar prediksi orang lain.Tipe ini juga cenderung detil. Prosefi yang cocok untuk tipe ini adalah teknisi, insisnyur, hingga ahli forensik.

6. ISFP – Composer

ISFP adalah orang yang suka dengan pengalaman baru. Tipe ini adalah tipe yang terjadwal dan tepat waktu. ISFP lebih senang hidup damai dan menghindari konflik. Pekerjaan yang cocok dengan tipe ini adalah arkeolog, manajer media sosial, terapist, dan akuntan.

7. INFP – Idealist

IFP adalah tipe yang pendiam dan lebih tertutup. Mereka enggan membicarakan diri mereka sendiri. Tipe yang satu ini lebih suka menghabiskan waktu sendiri di tempat yang tenang. INFP selalu berusaha mempelajari hal baru, selain itu tipe ini juga memiliki antusiasme yang tinggi. pekerjaan berdasarkan MBTI yang cocok untuk tipe ini adalah HR, Artis, terapis, hingga copywriter.

8. INTP – Thingker

Tipe INTP merupakan orang yang sangat logis, menyukai pola dan angka, serta peka dlam meliat perbedaan. INTP adalah orang yang suka memecahkan masalah dan cerdas, juga memiliki kreatifitas yang tinggi. pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah penulis, produsen, konsultan, dan peneliti.

9. ESTP - Doer

Tipe yang satu ini merupakan orang yang memiliki pemikiran yang logis. Orang yang suak dengan data, angka, dan pola untuk membuat keputusan. Tipe yang satu ini senang berinteraksi dan menyukai kebesaran. Tipe ini juga senang mencari peluang. Pekerjaan berdasarkan MBTI yang cocok untuk tipe ini adalah sutradara, paramedis, pemadam kebakaran, dan koordinator proyek.

10. ESFP – Performer

ESFP adalah tipe yang suka menjadi pusat perhatian. Tipe ini terlahir untuk selalu tampil di depan orang lain. ESFP juga merupakan orang yang hangat, murah hati, dan memiliki kepedulian yang tinggi. pekerjaan berdasarakn MBTI yang cocok untuk tipe ini adalah perencana acara, ahli kecantikan, pramugari, hingga guide wisata.

11. ENFP – Champion

Tipe yang satu ini adalah individualis, tipe ini selalu berusaha untuk menciptakan metode, tindakan dan ide mereka sendiri. Tipe ini juga tidak menyukai aturan dan tidak suka terikat. Namun, tipe ini juga memiliki sifat intuitif yang kuat. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah reporter, editor, pelatih, dan musisi.

12. ENTP - Visioner

Orang dengan tipe kepribadian ini senang mendiskusikan sesuatu yang besar. Tipe ini objektif, logis, dan rasional. ENTP menyukai ide-ide besar dan pemecah masalah yang baik. Tipe ini cocok bekerja sebagai psikolog, analis, pengacara, dan copywriter.

13. ESTJ – Supervisor

Tipe yang satu ini memiliki martabat, jujur, berdedikasi tinggi, dan sangat terorganisir. Tipe ini cocok jika menjadi seorang pemimpin karena memiliki jiwa kepimimpinan. Orang yang selalu bekerja berdarkan prosedur, cermat dan pekerja keras. Profesi yang cocok untuk tipe ini adalah hakim, pelatih, dan manajer hotel.

14. ESFJ - Provider

ESFJ adalah tipe orang yang pandai bergaul dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. tipe ini sangat suka menjadi pusat perhatian. Tipe ESFJ mudah bekerjasama serta peka dan mengerti kebutuhan orang lain. Tipe pekerjaan berdasarkan MBTI yang cocok untuk ESFJ adalah medical researcher, kurator, hingga pekerja sosial.

15. ENFJ – Giver

ENFJ adalah tipe orang yang suka bersosialisasi, memiliki idealisme dan menjunjung prinsip. Tipe ini memiliki visi untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Tipe yang satu ini juga memiliki empati yang tinggi. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah sales, public relation hingga art director.

16. ENTJ – Commander

Tipe yang terakhir adalah ENTJ tipe ini adalah orang yang percaya diri. TIPE ENTJ memiliki sikap yang cermat, rasional, dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusn. Tipe ini merupakan ahli dalam mengidentifikasi dan mencari solusi pemecahan masalah. Pekerjaan yang cocok untuk ENTJ adalah manajer, hakim, insinyur, dan administrator.

Itulah pekerjaan berdasarkan MBTI yang bisa menajdi pertimbangan dalam memilih pekerjaan. MBTI memang seriang dikaitkan dengan pekerjaan, bahkan MBTI berguna dalam memilih jurusan kuliah. Mengetahui kepribadian dalam diri dapat mengarahkan kita pada sesuatu yang lebih cocok dengan kecenderungan alamiah seseorang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin